Budidaya Buah Blueberry

By Green World Jakarta Timur - 07.10.00

BUDIDAYA BUAH BLUEBERRY
Green World - Seiring dengan banyaknya orang yang mengkonsumsi dan melakukan penelitian terhadap buah ini, Akhirnya ditemukan pentingnya buah blueberry dan khasiatnya dalam pemeliharaan kesehatan termasuk kesehatan mata. Badan Organisasi Pangan dan Pertanian Internasional (FAO) mengkatagorikan blueberry sebagai salah satu dari lima makanan memelihara kesehatan manusia. Blueberry juga merupakan buah nutrisi generasi ketiga yang mendapat pengakuan dunia. Jepang dan Amerika mengkatagorikan buah blueberry sebagai makanan anti kanker. CCTV Internasional di tahun 2004 menyiarkan acara pengenalan khasiat kesehatan buah blueberry, Perancis memasukkan ekstrak blueberry kedalam farmakope Perancis.

Beberapa abad terakhir, buah blueberry sangat laris di Amerika, Kanada, dan Eropa. Amerika utara merupakan tempat yang menjadi pelopor dalam menghasilkan buah blueberry didunia. Berdasarkan kalkulasi dari badan organisasi pangan dan pertanian (FAO) yang berada dibawah naungan PBB, setiap tahunnya terdapat 42.000 ton blueberry yang dihasilkan dan dijadikan makanan maupun produk pemeliharaan kesehatan manusia.

Kata blueberry berasal dari bahasa inggris yang berarti buah cerry berwarna biru. Buah blueberry kaya akan asam amino, protein, asam folat, selulosa, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A (untuk mata) SOD, Flavonoid, kalium, besi, seng, mangan dan lain sebagainya. Selain unsur nutrisi, dalam blueberry masih terdapat kandungan zat nutrisi yang dinamakan VMA, Termasuk didalamnya malvidin chlroride, penidin, pvranoside, petunidin, ideain chloride, mvricetin dan 15 jenis anthocyianin lainnya. Anthocyianin merupakan komponen spesial yang tidak ditemukan pada tanaman lainnya.

Khasiat untuk Anthocyianin pada Blueberry (VMA):


  1. Dapat menembus pembatas darah otak, Melindungi saraf otak agar tidak teroksidasi, menjaga kestabilan otak.
  2. Menetralisir radikal bebas, Anti oksidan,  dan meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas)
  3. Efektif melindungi mata, untuk membuat mata jernih, menghilangkan kelelahan mata, untuk  ketajaman mata.
  4. Menunda penuaan saraf otak, menambah daya ingat mencegah pikun
  5. Menurunkan kolestrol (buruk), melindungi pembuluh darah, meningkatkan kinerja jantung
  6. Meredakan peradangan dalam tubuh, berkhasiat anti kanker dan mencegah kanker.

  • Share:

0 komentar